Minggu, 04 September 2011

MAKALAH ASUHAN KEBIDANAN 1

MAKALAH ASKEB I ( KEHAMILAN )
“ Perubahan anatomi dan adaptasi fisologis pada ibu hamil Trimester I,II,III Pada sistem muskuloskeletal, sistem kardiovaskuler dan sistem integumen “


FRANSISCA BINTANG THERESIA NAINGGOLAN
1001475
TINGKAT 1-A

AKADEMI KEBIDANAN INTERNASIONAL PEKANBARU
T.A 2010/2011



KATA PENGANTAR

          Puji syukur penulis panjatkan kepada allah swt yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Perubahan anatomi dan adaptasi gisiologis pada ibu hamil trimester I,II,III pada sistem muskuloskeletal , sistem kardiovaskuler dan sistem integumen dengan tepat waktu. Makalah ini di susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah ASKEB I . Terima kasih tak lupa pula penulis ucapkan kepada dosen pembimbing karena berkat bimbingannya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
          Tujuan penulis membuat makalah ini adalah agar kita semua dapat mengetahui tentang sistem muskuloskeletal, sistem kardiovaskuler dan sistem integumen serta pengaruhnya terhadap kehamilan.
          Penulis menyadari makalah ini masih sangat jauh dari sempurna karna keterbatasan pengetahuan penulis. Oleh karna itu , penulis mengharapkan kritik dan saran sangat penulis harapkan demi motivasi dan kesempurnaan dalam penyusunan makalah pada waktu yang akan datang. Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi semua pembaca .

                                                                     Pekanbaru , 18 maret 2011

                                                                                     Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

        Sebagai seorang bidan harus mengetahui  perubahan apa saja yang terjadi selama masa kehamilan baik anatomi maupun fisiologi pada trimester I,II,dan III . Perubahan – perubahan yang terjadi selama masa kehamilan dapat membantu bidan dalam mengidentifikasi diagnosa kehamilan yang terjadi ibu hamil tersebut . perubahan – perubahan tersebut seperti sistem muskuloskeletal, sistem kardiovaskuler , sistem reproduksi , sistem integumen , sistem pencernaan , sistem pernafasan , sistem kekebalan , sistem perkemihan , payudara , sistem endokrin , sistem metabolisme , berat badan dan indek masa tubuh dan sistem persyarafan .
       Tapi dalam makalah ini kami membahas tentang perubahan anatomi dan fisiologi pada trimester I,II, dan III pada sistem muskuloskeletal , sistem kardiovaskuler dan sistem integumen .

B.    TUJUAN  PENULISAN
1.     Memenuhi salah satu tugas pendidikan Askeb I ( kehamilan ) .
2.    Mahasiswi dapat Mengetahui Perubahan anatomi dan adaptasi fisologis pada ibu hamil Trimester I,II,III.
3.    Memenuhi salah satu persyaratan kurikulum .
4.    Menumbuh kembangkan dan memantapkan sikap profesional bagi seorang bidan .




BAB II
PEMBAHASAN

   I.      SISTEM MUSKULOSKELETAL
Tulang atau rangka adalah penopang tubuh manusia. Tanpa tulang, pasti tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur.
Mengapa kita bisa bergerak? Manusia bisa bergerak karena ada rangka dan otot. Rangka tersebut tidak dapat bergerak sendiri, melainkan dibantu oleh otot. Dengan adanya kerja sama antara rangka dan otot, manusia dapat melompat, berjalan, bergoyang, berlari, dan sebagainya. Berikut dijelaskan mengenai rangka tubuh manusia.
Rangka tubuh manusia memiliki fungsi utama sebagai berikut:
  1. Memberi bentuk tubuh : Rangka menyediakan kerangka bagi tubuh sehingga menyokong dan menjaga bentuk tubuh.
  2. Tempat melekatnya otot : Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia menjadi tempat melekatnya otot. Tulang dan otot ini bersama-sama memungkinkan terjadinya pergerakan pada manusia.
  3. Pergerakan : Pergerakan pada hewan bertulang belakang (vertebrae) bergantung kepada otot rangka, yang melekat pada rangka tulang.
  4. Sistem kekebalan tubuh : Sumsum tulang menghasilkan beberapa sel-sel imunitas. Contohnya adalah limfosit B yang membentuk antibodi.
  5. Perlindungan : Rangka tubuh melindungi beberapa organ vital :
    • Tulang tengkorak melindungi otak, mata, telinga bagian tengah dan dalam.
    • Tulang belakang melindungi sumsum tulang belakang.
    • Tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang dada melindungi paru-paru dan jantung.
    • Tulang belikat dan tulang selangka melindungi bahu.
    • Tulang usus dan tulang belakang melindungi sistem ekskresi, sistem pencernaan, dan pinggul.
    • Tulang tempurung lutut dan tulang hasta melindungi lutut dan siku.
    • Tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki melindungi pergelangan tangan dan pergelangan kaki.
6.    Produksi sel darah. Rangka tubuh adalah tempat terjadinya haematopoiesis, yaitu tempat pembentukan sel darah. Sumsum tulang merupakan tempat pembentukan sel darah. Terutama di tulang pipih contoh : tulang dada / pada corpus sterni
7.    Penyimpanan. Matriks tulang dapat menyimpan kalsium dan terlibat dalam metabolisme kalsium. Sumsum tulang mampu menyimpan zat besi dalam bentuk ferritin dan terlibat dalam metabolisme zat besi.
Jenis tulang
Dari segi bentuk, tulang dapat dibagi menjadi :
·         tulang pipa / panjang (seperti tulang hasta dan tibia),
·         tulang pipih (seperti tulang rusuk, tulang dada), dan
·         tulang pendek (tulang-tulang telapak tangan, pergelangan tangan).

Perubahan anatomi dan adaptasi fisologis pada ibu hamil Trimester I,II,III :
·         Sistem Muskuloskeletal
    1. Terdapat peningkatan mobilitas sendi sakroiliaka, sakrokoksigea , dan sendi pubis karna  pengaruh hormonal.
    2. Perubahan postur menyebabkan rasa tidak nyaman di punggung bagian bawah .
Perubahan tubuh secara bertahap dan peningkatan berat badan wanita hamil menyebabkan postur dan cara berjalan wanita berubah secara menyolok. Peningkatan distensi abdomen yang membuat panggul miring ke depan, penurunan tonus otot perut dan peningkatan berat badan pada akhir kehamilan membutuhkan penyesuaian ulang(realignment) kurvutura spinalis. Pusat gravitasi wanita bergeser kedepan.Kurva lumbosakrum normal harus semakin melengkung dan didaerah servikodorsal harus terbentuk kurvatura (fleksi anterior kepala berlebihan ) untuk mempertahankan keseimbanagan .
 
Sejak trimester II kebutuhan kalsium meningkat 33%. Sendi pelvik sedikit dapat bergerak untuk mengkompensasi pembesaran janin bahu tertarik kebelakang dan lumbal lebihlengkung, Sendi tulang belakang lebih lentur dan dapat menyebabkan nyeri punggung. Terjadinya kram otot tungkai dan kaki Otot dinding meregang dan akhirnya kehilangan sedikit tonus otot. Selama trimester III otot rektus abdominis dapat memisah menyebabkan isi perut menonjol di garis tengah tubuh.Umbilicus menjadi lebih datar atau menonjol. Setelah melahirkan tonus otot secara bertahap kembali, tetapi pemisahan otot(diastasis rekti abdominis) menetap.

 II.      Sistem kardiovaskular

Jantung merupakan suatu organ otot berongga yang terletak di pusat dada. Bagian kanan dan kiri jantung masing-masing memiliki ruang sebelah atas (atrium yang mengumpulkan darah dan ruang sebelah bawah (ventrikel) yang mengeluarkan darah. Agar darah hanya mengalir dalam satu arah, maka ventrikel memiliki satu katup pada jalan masuk dan satu katup pada jalan keluar

·         Fungsi sistem kardiovaskuler ( jantung )
memberikan dan mengalirkan suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan dan organ tubuh yang diperlukan dalam proses metabolisme. Secara normal setiap jaringan dan organ tubuh akan menerima aliran darah dalam jumlah yang cukup sehingga jaringan dan organ tubuh menerima nutrisi dengan adekuat. Sistem kardiovaskular yang berfungsi sebagai sistem regulasi melakukan mekanisme yang bervariasi dalam merespons seluruh aktivitas tubuh. Salah satu contoh adalah mekanisme meningkatkan suplai darah agar aktivitas jaringan dapat terpenuhi. Pada keadaan tertentu, darah akan lebih banyak dialirkan pada organ-organ vital seperti jantung dan otak untuk memelihara sistem sirkulasi organ tersebut.

Komponen Sistem Kardiovaskular
         Sistem kardiovaskular merupakan suatu sistem transpor tertutup yang terdiri atas:
A. Jantung, sebagai organ pemompa.
B. Komponen darah, sebagai pembawa materi oksigen dan nutrisi.
C. Pembululi darah, sebagai media yang mengalirkan komponen darah.

Ketiga komponen tersebut harus berfungsi dengan baik agar seluruh jaringan dan organ tubuh menerima suplai oksigen dan nutrisi yang adekuat. Otot jantung, pembuluh darah, sistem konduksi, suplai darah, dan mekanisme saraf jantung harus bekerja secara sempurna agar sistem kardiovaskular dapat berfungsi dengan baik. Semua komponen tersebut bekerja bersama-sama dan memengaruhi denyutan, tekanan, dan volume pompa darah untuk menyuplai aliran darah ke seluruh jaringan sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh.
Perubahan anatomi dan adaptasi fisologis pada ibu hamil Trimester I,II,III :
Sistem kardiovaskuler :
Seorang ibu hamil memasuki usia minggu ke-5, maka salah satu organ yang mengalami perubahan fungsi secara fisiologis adalah jantung. Pada saat itu jantung mengalami perubahan yang komplek yang berefek pada perubahan fisiologi tubuh lainnya. Perubahan itu antara lain :
  • Pada minggu ke 10-20 volume jantung mengalami peningkatan.
  • Volume Plasma juga mengalami peningkatan sejak usia kehamilan 6-8 minggu sampai dengan usia 32 minggu maximal 4700-5200 ml (sekitar 45 %).
  • Peningkatan produksi sel darah merah (Red Blood Cell) sekitar 20-30 %
  • Peningkatan volume sirkulasi sekitar 45 %
  • Peningkatan volume darah pada akhir tekanan diastolik (Trimester II, awal Trimester III)
Selain itu juga terjadi perubahan anatomi pada sistem kardiovaskuler, antara lain :
  • Penebalan otot dinding ventrikel (trimester I)
  • Terjadi dilatasi (pelebaran) secara fisiologis pada jantung
  • Karena volume rongga perut (abdomen) meningkat menyebabkan hipertropi jantung dan posisi jantung bergeser ke atasdan ke kiri
  • Pada fonokardiogram terdapat : splitting (bunyi jantung tambahan), murmur sistolik dan murmur diastolik
  • Perubahan tekanan darah
Perubahan-perubahan di atas mengakibatkan :
  • Kebutuhan suplai Fe kepada ibu hamil meningkat sekitar 500 mg/ hari
  • Ibu hamil sering lebih cepat mengalami kelelahan dalam beraktifitas
  • Bengkak pada tungkai bawah, namun hati-hati bila pembengkakan berlebihan dan terjadi di tangan atau muka karena bisa merupakan gejala pre eklampsi.
  • Terjadinya anemia fisiologis ( keadaan normal Hb 12 gr% dan hematokrit 35 %)
  • 10% wanita hamil mengalami hipotensi dan diaphoretic bila berada dalam posisi terlentang
Walaupun begitu dalam keadaan normal, kesehatan wanita hamil tidak akan terganggu. Namun pada ibu hamil denngan riwayat penyakit jantung, kondisi ini memperburuk keadaan. Sehingga seorang wanita dengan penyakit atau gangguan pada jantung sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan.

III.      Sistem Integumen
Sistem organ yang membedakan, memisahkan, melindungi terhadap lingkungan sekitarnya . Merupakan organ terbesar (16 % dari BB), yang membungkus seluruh permukaan tubuh. membungkus seluruh permukaan tubuh .
CIRI-CIRI KULIT :

    1. Pembungkus yang elastis yang melindungi kulit dari pengaruh lingkungan.
    2. Alat tubuh yang terberat : 15 % dari berat badan.
    3. Luas : 1,50 – 1,75 m.
    4. Tebal rata – rata : 1,22mm.
    5. Daerah yang paling tebal : 66 mm, pada telapak tangan dan telapak kaki dan paling tipis : 0,5 mm.pada daerah penis.
FUNGSI KULIT :
·         Perlindungan
·         Mencegah dehidrasi
·         Rangsangan luar
·         Menyimpan lemak
·         Sintesis Vitamin D
·         Menghasilkan bau
·         Pengaturan suhu/ homeostasis

KELENJAR – KELENJAR PADA KULIT :
1. Kelenjar Sebasea
          berfungsi mengontrol sekresi minyak ke dalam ruang antara folikel rambut dan batang rambut yang akan melumasi rambut sehingga menjadi halus lentur dan lunak.

2. Kelenjar keringat
Diklasifikasikan menjadi 2 kategori:
a. kelenjar Ekrin terdapat disemua kulit.
          Melepaskan keringat sebgai reaksi penngkatan suhu lingkungan dan suhu tubuh.Kecepatan sekresi keringat dikendalkan oleh saraf simpatik.pengekuaran keringat oada tangan, kaki, aksila, dahi, sebagai reaksi tubuh terhadap setress, nyeri dll.
b. kelenjar Apokrin.
          Terdapat di aksil, anus, skrotum, labia mayora, dan berm,uara pada folkel rambut.Kelenjar ininaktif pada masa pubertas,pada wanit a akan membesar dan berkurang pada sklus haid. Kelenjar apokrin memproduksi keringat yang keruh seperti susu yang diuraikan oleh bajkteri menghasilkan bau khas pada aksila.Pada telinga bagian luar terdapat kelenjar apokrin khusus yang disebut K. seruminosa yang menghasilkan serumen.
Perubahan anatomi dan adaptasi fisologis pada ibu hamil Trimester I,II,III :
Sistem integumen :
·         Payudara: membesar, puting menonjol dan keras, kolostrum, ariola hiperpigmentasi
·         Abdomen: strie grafidarum, pigmentasi
·         Wajah: pigmentasi
  • Terjadi pigmentasi pada payudara, abdomen, vulva dan muka (chloasma)
  • Linea alba menjadi linea nigra , garis tengah perut yg putih menjadi garis hitam.
  • Muncul striae gravidarum
·         Perspirasi dan sekresi kelenjar lemak: kelenjar keringat/sebasea menjadi lebih aktif.



PENUTUP

KESIMPULAN :
 Jadi pada ibu hamil banyak mengalami perubahan pada tubuh nya , khususnya pada sistem muskuloskeletal , sistem kardiovakuler dan sistem integumen . pada sistem muskuloskletal ini Perubahan tubuh secara bertahap dan peningkatan berat badan wanita hamil menyebabkan postur dan cara berjalan wanita berubah secara menyolok. Peningkatan distensi abdomen yang membuat panggul miring ke depan, penurunan tonus otot perut dan peningkatan berat badan pada akhir kehamilan membutuhkan penyesuaian ulang(realignment) kurvutura spinalis. Pusat gravitasi wanita bergeser kedepan.Kurva lumbosakrum normal harus semakin melengkung dan didaerah servikodorsal harus terbentuk kurvatura (fleksi anterior kepala berlebihan ) untuk mempertahankan keseimbanagan .
lalu pada sistem kardiovaskuler  Seorang ibu hamil memasuki usia minggu ke-5, maka salah satu organ yang mengalami perubahan fungsi secara fisiologis adalah jantung. Pada saat itu jantung mengalami perubahan yang komplek yang berefek pada perubahan fisiologi tubuh lainnya. Perubahan itu antara lain : Pada minggu ke 10-20 volume jantung mengalami peningkatan, Volume Plasma juga mengalami peningkatan sejak usia kehamilan 6-8 minggu sampai dengan usia 32 minggu maximal 4700-5200 ml (sekitar 45 %), peningkatan produksi sel darah merah (Red Blood Cell) sekitar 20-30 %, Peningkatan volume sirkulasi sekitar 45 % , Peningkatan volume darah pada akhir tekanan diastolik (Trimester II, awal Trimester III) .
Dan pada sistem integumen ini terjadi perubahan pada Payudara: membesar, puting menonjol dan keras, kolostrum, ariola hiperpigmentasi , Abdomen: strie grafidarum, pigmentasi , Wajah: pigmentasi , Terjadi pigmentasi pada payudara, abdomen, vulva dan muka (chloasma), Linea alba menjadi linea nigra, Muncul striae gravidarum, Perspirasi dan sekresi kelenjar lemak: kelenjar keringat/sebasea menjadi lebih aktif.



                                                    REFERENSI

Drs.H syaifuddin, B.Ac.2001.fungsi sistem tubuh manusia.jakarta:widya medika .
http://lenteraimpian.wordpress.com/2010/02/12/perubahan-anatomi-dan-adaptasi-fisiologis-pada-ibu-hamil-2/

0 komentar:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Posting Komentar