Rabu, 30 November 2011

BELAJAR SENAM HAMIL


Senam hamil merupakan serangkaian gerakan senam yang bermanfaat untuk mempersiapkan kondisi ibu menghadapi proses persalinan.
Tidak hanya itu, jika dilakukan secara teratur, gerakan senam ini juga bermanfaat mengurangi berbagai keluhan yang mungkin muncul saat ibu hamil. Terutama pada tiga bulan terakhir masa kehamilan, seperti pegal-pegal pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Kehadiran senam hamil dilatarbelakangi hasil penelitian seorang ahli kebidanan bernama Dr.Gratley Dick Read dan dilanjutkan oleh muridnya Helen Heardman (fisioterapis).

Dari hasil penelitian tersebut, mereka sepakat bahwa setiap wanita harus dipersiapkan secara mental dan fisik untuk melahirkan bayi.
Persiapan ini akan sangat bermanfaat apabila juga dibarengi dengan tindakan relaksasi yang bermanfaat pada persalinan, serta menghilangkan ketakutan dan kecemasan yang biasanya dirasakan banyak wanita.


Dan sebagai tenaga pelayanan kesehatan terutama memiliki peranan penting bagi ibu hamil, seorang bidan harus bisa memahami, mengerti dan tau bagaimana senam hamil itu dan apa fungsi dari senam hamil.
Dan inilah yang sedang kami lakukan dikelas.
Belajar senam hamil pada mata kuliah asuhan kebidanan I

 
Sekedar memperkenalkan, ini anak-anak kelas bintang.
Saat belajar senam hamil, kami masih di tingkat I-A
yang paling menonjol tampil paling depan adalah ega melisa hendri.


Metode pilates sangat dianjurkan

Salah satu senam hamil yang sekarang banyak diperbincangkan adalah metode Pilates. Menurut Joseph Pilates, pencipta 34 gerakan dasar senam sejak 1920, terdapat delapan prinsip utama meliputi konsentrasi, pernapasan, pemusatan gerakan, kontrol gerakan, presisi dalam melakukan gerakan, isolasi terhadap otot yang dilatih dan rutinitas.

Senam hamil Metode Pilates ini dianjurkan sejak kehamilan berusia trimester pertama alias 1-3 bulan. Seperti senam hamil pada umumnya, pada awalnya, ibu harus dibantu oleh pelatih agar tak salah melakukan gerakan. Bila salah gerakan, mungkin pengalaman yang akan Ibu dapatkan juga akan salah nantinya.

Dengan senam Pilates ini ibu akan mendapatkan kekuatan dan kelenturan tubuh serta melatih pernapasan. Senam Pilates juga dapat memperbaiki tubuh dan pikiran, melancarkan peredaran darah, membuat lebih rileks dan fleksibel.

Jadi, selain bentuk tubuh menjadi lebih baik, badan juga menjadi bugar. Karena tawaran keindahan tubuh inilah banyak ibu menjadi gandrung.

Manfaat utama senam Pilates bagi ibu hamil adalah untuk memperkuat otot dan sendi, terutama otot bagian perut dan dekat tulang punggung. Makanya disarankan untuk mulai melakukan sejak kehamilan usia muda.
Untuk mendapatkan manfaat optimal dari senam Pilates, latihan harus dilakukan secara rutin. Dari gerakan yang sederhana meningkat terus kesulitannya hingga usia kehamilan lanjut.



Ini kami sedang berlatih dengan semangat untuk senam hamil,
Seolah-olah yang sedang hamil itu adalah kamu.
Bingung gimana mau memperkenalkan satu per satu diantara mereka.
Banyak banget dan mungkin susah juga untuk kalian tau yang mana namanya ini dan yang mana namanya itu,
ckckckc, tak usah diperkenalkan sajalah ya,
pandang-pandang aja mana yang cantik dan mana yang jelek.
Yang pasti kami semua adalah anak tingkat I-A



 Demikianlah artikel bintang hari ini tentang senam hamil.
Tidak tau apakah para pembaca bisa mendapatkan sesuatu yang penting dan bermanfaat dari artikel ini.
Bintang mengharapakan saja kritik dan saran untuk perbaikan setia artikel bintang.
Bintang juga mau minta maaf nich jika bintang ada kesalahan kata dalam penulisan, karna tidak ada unsur menyinggung atau menyakiti hati siapa pun.
Oke :) Bintang mohon undur diri.
See You :-*



FRANSISCA BINTANG THERESIA NAINGGOLAN






1 komentar:

  1. snam hmil ini ada brapa metode sih sist ? n apa gpp yah klo snam hmilny ini dilakuin sndiri tanpa di awasi ahlinya ?
    oiya btw klo mau bli baju senam terbaru dmna yah ?

    BalasHapus